.

.
Select Menu

Favourite

POSKO SENKOM KLATEN BASEMENT JANU PUTRA PASARAYA KLATEN

PUSAT

SENKOM INFORMATION CENTER

SPACE IKLAN

POLDA

KLATEN

BERITA

SPONSOR

SPONSOR

TELEMATIKA

JAWA TENGAH

RESCUE

INFO

» » Perkuat Kemampuan Bidang SAR Kabasarnas Resmikan Armada Baru


SENKOM KLATEN 1/22/2016 01:09:00 AM 0

BALIKPAPAN --- Pagi ini, Kamis (21/01), Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo, S.Sos yang didampingi oleh Deputi Operasi Basarnas Mayjen TNI Heronimus Guru, dan Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Basarnas Ratih Soelistyo beserta jajarannya meresmikan Kapal Negara (KN) SAR Wisanggeni di pelataran Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur.  

Acara ini juga turut dihadiri oleh Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, perwakilan Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, perwakilan Kapolda Kalimantan Timur dan perwakilan Muspida Balikpapan, Kadis Ops Lanud Balikpapan, perwira pelaksana Lanal Balikpapan, seluruh potensi SAR, serta Kepala Kantor SAR seluruh Kalimantan, Palu, dan Makasar.

Kapal ini menggantikan kapal sebelumnya yang telah dimiliki Kantor SAR Balikpapan. Kapal KN SAR Wisanggeni ini berbahan aluminium, dibuat di Batam dengan panjang 40 meter, lebar 7,8 meter, dengan mesin 3×1499 HP dan memiliki kecepatan 30 knot. Kapal ini juga memiliki kemampuan deteksi permukaan pada malam hari karena dilengkapi forward infra red.

Dalam sambutannya, Kabasarnas menjelaskan alasannya memberikan nama Wisanggeni pada kapal tersebut. 

“Nama Wisanggeni adalah nama wayang.Wisanggeni adalah anaknya Arjuna dengan dewi Batari Dresanala dan memiliki kesakitan sangat tinggi karena mampu mengetahui hal yang akan terjadi.” kata Kabasarnas.

Kabasarnas meminta kepada Kepala Kantor SAR Balikpapan untuk memanfaatkan KN SAR Wisanggeni ini, seperti perilaku Wisanggeni yang mampu mendeteksi dan membaca niat seseorang.

"Wisanggeni juga nantinya akan melakukan cover di beberapa daerah, yakni Kaltim, Kaltara serta area Sulawesi Barat. Intinya yang termasuk ke dalam jalur ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) II." lanjut Kabasarnas.

Usai sambutan, Kabasarnas kemudian melanjutkan dengan menandatangani prasasti Kantor SAR Nunukan.

Selanjutnya peresmian kapal ditandai dengan penekanan tombol oleh Kepala Basarnas, Pangdam VI Mulawarman, Kepala Kantor SAR Balikpapan, dan perwakilan Gubernur Provinsi Kalimantan Timur. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita kembang di depan kapal oleh Ketua DWP Basarnas Ratih Soelistyo.

Usai meresmikan rombongan kemudian meninjau bagian dalam KN SAR Wisanggeni ini. (ebw)

Sumber Basarnas

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

monggo Kritik saran wonten form ngandap