.

.
Select Menu

Favourite

POSKO SENKOM KLATEN BASEMENT JANU PUTRA PASARAYA KLATEN

PUSAT

SENKOM INFORMATION CENTER

SPACE IKLAN

POLDA

KLATEN

BERITA

SPONSOR

SPONSOR

TELEMATIKA

JAWA TENGAH

RESCUE

INFO

» » Tingkatkan Kapasitas Dan Kemampuan Senkom Klaten Adakan Latihan PPGD


SENKOM KLATEN 2/27/2015 09:26:00 AM 0






KLATEN -- Bencana menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat dan pemerintah maupun swasta. Namun dalam pelaksanaannya menolong korban haruslah secara tepat dan cepat, selain itu juga diperlukan koordinasi yang bagus. Diperlukan skill dan pengetahuan yang cukup tentang penanganan pertama disamping pengetahuan medan bencana serta komunikasi yang terpadu dalam menolong korban bencana.

Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten menyelenggarakan pelatihan PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) di Kecamatan Polan Harjo Klaten minggu 22 /2 2015  yang di ikuti sekitar 60 personel .Ketua panitia pelatihan Tukiman berharap dalam acara pelatihan ini peserta betul betul tahu dan mampu mempraktekan apa yang sampaikan oleh pemateri.Lebih lanjut Tukiman yang juga wakil ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten mengucapkan terima kasih pada pemateridari relawan PMI Klaten ( Purnomo ) dan juga bidang diklat (Damto Ridwan) dan bidang penanggulangan bencana (Mardiyono).

 Purnomo menjelaskan apa tujuan PPGD ini  di harapkan para Peserta memahami dan memiliki ketrampilan dasar melakukan triase pada korban gawat darurat, memahami dan memilki ketrampilan dasar melakukan bantuan hidup dasar kepada korban gawat darurat :A. Pertolongan pada korban yang mengalami gangguan jalan nafas (membebaskan gangguaan jalan nafas, memberikan nafas buatan, menilai kesadaran, menilai sirkulasi dan melakukan resusitasi jantung - paru).B. Ketrampilan melakukan bidai sederhana .C. Memindahkan pasien / korban dalam keadaan gawat darurat.


Selanjutnya Purnomo memberikan beberapa Pratek cara pembuatan nafas buatan,cara membalut luka yang benar,mengangkat korban yang benar dan membawa korban.Peserta sangat antusias menyimak dan mengikuti serta turut serta mempratekan materi materi yang di sampaikan.Pemateri berharap anggota Senkom dalam setiap kejadian yang mungkin terjadi nantinya bisa di tangani dengan standar dan cara yang benar ungkapnya.(rio)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

monggo Kritik saran wonten form ngandap