.

.
Select Menu

Favourite

POSKO SENKOM KLATEN BASEMENT JANU PUTRA PASARAYA KLATEN

PUSAT

SENKOM INFORMATION CENTER

SPACE IKLAN

POLDA

KLATEN

BERITA

SPONSOR

SPONSOR

TELEMATIKA

JAWA TENGAH

RESCUE

INFO

» » BPBD Libatkan Masyarakat Jaga Jalur Evakuasi Merapi


SENKOM KLATEN 9/19/2014 10:16:00 AM 0




KLATEN  – Masyarakat yang tinggal di sekitar jalur evakuasi akan dilibatkan dalam pemeliharaan jalur evakuasi Merapi di Kecamatan Kemalang, Klaten. Mereka akan ambil bagian untuk menjaga agar 9 jalur evakuasi yang sedang dibangun senilai total Rp 30 miliar bisa bertahan lama.
Pembangunan jalur evakuasi dilakukan mulai awal September lalu. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten akan mengumpulkan Dinas Perhubungan, TNI/Polri, camat perangkat desa di lokasi jalur evakuas
i, pemilik depo, pengusaha pasir sampai sopir truk.
“Kamis (18/9), kami akan mengumpulkan semua elemen yang terkait jalur evakuasi di auditorium Bank Klaten untuk duduk bersama membahas jalur evakuasi Merapi agar awet. Semua harus ambil bagian untuk menjaga jalur yang dibangun dengan dana besar,” kata Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto, Rabu (17/9).
Salah satu masalah yang akan dibahas adalah batasan tonase muatan truk pasir yang sering kali melewati jalur evakuasi. Selama ini, pembangunan jalur evakuasi akan cepat rusak lagi karena dilewati ribuan truk pasir yang kelebihan muatan. Karenanya, jalur tersebut penuh lubang dan aspal mengelupas.
Untuk itu, perlu peran aparat berwenang seperti Dishub dan Polisi untuk menertibkan armada pasir sesuai peraturan yang berlaku. Selama ini, jalur yang terlarang bagi galian C pun dilewati sehingga rusak. Dan yang tak kalah penting adalah peran masyarakat yang tinggal di sekitar jalur evakuasi.
“BPBD mengupayakan kesepakatan antara pihak-pihak terkait untuk saling menjaga jalur evakuasi agar awet dan tahan laman. Kami ingin ada komitmen bersama agar jalur evakuasi dibebaskan dari truk-truk pasir yang kelebihan muatan agar tidak cepat rusak. Ini butuh dukungan semua pihak,” ujar Sri Winoto.
Sangat penting untuk menjaga keutuhan jalur evakuasi, sehingga bila bila sewaktu-waktu digunakan untuk mengevakuasi ribuan warga bila kondisi Merapi gawat, jalur masih utuh. Kondisi jalan yang rusak sangat membahayakan proses evakuasi, apalagi banyak jalur yang berada di sisi jurang.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

monggo Kritik saran wonten form ngandap