.

.
Select Menu

Favourite

POSKO SENKOM KLATEN BASEMENT JANU PUTRA PASARAYA KLATEN

PUSAT

SENKOM INFORMATION CENTER

SPACE IKLAN

POLDA

KLATEN

BERITA

SPONSOR

SPONSOR

TELEMATIKA

JAWA TENGAH

RESCUE

INFO

» » Tim Reaksi Cepat BPBD Klaten Disiagakan 24 Jam


SENKOM KLATEN 8/29/2014 07:12:00 AM 0


KLATEN - Klaten termasuk salah satu kabupaten yang paling rawan bencana se-Jateng, baik angin ribut, gunung meletus, gempa bumi, banjir dan tanah longsor. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten mengaktifkan Tim Reaksi Cepat (TRC) agar siaga 24 jam.
"Di Klaten sering terjadi angin ribut, banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan ancaman gunung Merapi. Untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu terjadi bencana, TRC BPBD akan disiagakan 24 jam tanpa mengenal hari libur," kata Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto, Senin (25/8).
Kemarin, sebanyak 50 personil TRC, personil Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten diberikan pelatihan penanganan kedaruratan dan pemantapan di Gedung Wanita, Jalan Mayor Kusmanto, Klaten Tengah. Angota TRC terdiri atas berbagai unsur relawan, yakni SAR, RAPI, Senkom, Orari, dan elemen lainnya.
"TRC butuh kecepatan dalam melaksanakan tugasnya, karena bila terjadi bencana maka mereka yang pertama terjun ke lokasi untuk memberikan bantuan. Untuk itu, anggota TRC harus sudah dibekali kemampuan penanganan kedaruratan, evakuasi, pendataan dan ketrampilan penunjang lainnya," tegas Sri Winoto.
Personil yang akan bertugas TRC sudah disediakan sarana dan prasarana baru, seperti dibangunnya ruangan untuk TRC di komplek kantor BPBD Klaten. Berbagai peralatan pendukung juga sudah disiapkan, seperti sepeda motor dan peralatan evakuasi, agar bisa dibutuhkan sudah tersedia.
Ruang TRC yang mudah diakses dari jalan raya, dibangun dengan dilengkapi sarana komunikasi berupa handy talky (HT), komputer dan pelengkapan lainnya. Ruangan tersebut juga akan difungsikan sebagai sekretariat bersama antara relawan SAR dan relawan elemen kebencanaan lainnya.
BPBD sudah menunjukkan Sasongko Agung Wibowo sebagai Ketua TRC BPBD Klaten. Pelatihan hari pertama diisi dengan teori yang disampaikan dalam ruangan. Pada hari kedua, personil TRC akan diajarkan untuk melakukan pendataan kerugian akibat bencana dan pendataan korban.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

monggo Kritik saran wonten form ngandap