.

.
Select Menu

Favourite

POSKO SENKOM KLATEN BASEMENT JANU PUTRA PASARAYA KLATEN

PUSAT

SENKOM INFORMATION CENTER

SPACE IKLAN

POLDA

KLATEN

BERITA

SPONSOR

SPONSOR

TELEMATIKA

JAWA TENGAH

RESCUE

INFO

» » Padamkan Kebakaran Merapi Relawan Di kerahkan


SENKOM KLATEN 11/05/2015 07:14:00 AM 0


KLATEN - Proses pemadaman kebakaran hutan di Gunung Merapi kembali dilanjutkan. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Permana mengatakan untuk mengantisipasi kebakaran hutan di Gunung Merapi agar tidak meluas ke wilayah lainnya, seluruh kekuatan yang dimiliki BPBD dikerahkan.
"Pemadaman hari ini kita lanjutkan kembali. Seluruh kekuatan yang kita miliki kita kerahkan. Kita juga mengerahkan personel BPBD dari daerah di sekitar Gunung Merapi, seperti dari Salatiga, Semarang, Klaten dan Boyolali untuk turun," papar Sarwa saat dikonfirmasi Okezone, Senin (2/11/2015).
Menurut Sarwa, pantauan BPBD kebakaran hutan di Gunung Merapi masih berada di daerah perbatasan antara Selo Boyolali dan Sleman.
"Kita mencoba untuk melokalisir agar tak meluas. Sampai saat ini kebakaran masih terpantau berada di daerah perbatasan Selo, Boyolali," ungkapnya.
Untuk mengantisipasi adannya korban jiwa, ungkap Sarwa, jalur pendakian ke Gunung Merapi untuk sementara ditutup hingga proses pemadaman selesai dilakukan.
Sementara itu kebakaran hutan di Gunung Merapi terjadi pada Minggu 1 November 2015 sekira pukul 10.43 WIB. Api terpantau di atas Dusun Sepi. Saat api mulai terpantau relawan yang tergabung di Barameru langsung bergerak.
Untuk menghindari adanya korban jiwa seperti yang terjadi saat kebakaran hutan di Gunung Lawu, para relawan Barameru ini langsung melakukan evakuasi terhadap 300 pendaki yang saat itu berada di Gunung Merapi.
Tepat pukul 13.00 WIB, tim Barameru sampai kawasan Puncak. Selanjutnya, para pendaki ini dievakuasi hingga ke Pasar Bubrah.
Api terpantau terus membesar ke arah selatan. Untungnya para pendaki itu sendiri sudah sampai ke Pos 2. Yang berarti para pendaki berada di posisi aman. Sebanyak 70 personel relawan Barameru naik kembali untuk memadamkan api di patok 80 punting kayu pakah.
Pukul 14.46 WIB api terlihat di lobakan atas Desa Stabelan. Informasi yang diterima para relawan, pada jalur ini terdapat 80 pendaki masih berada di jalur yang searah dengan kebakaran. Bersama dengan para pendaki lainnya, SRU langsung melakukan penyisiran. Dan berhasil menemukan beberapa pendaki.
Namun pukul 15.50 WIB, informasi yang diterima tim evakuasi dari bescamp di dapat informasi di atas Gunung Merapi, masih terdapat 45 pendaki.
Bersama dengan personel TNI, tim evakuasi melakukan penyisiran. Akhirnya, tepat pukul 18.00 WIB, penyisiran para pendaki dinyatakan selesai.
Sumber : Okezone

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

monggo Kritik saran wonten form ngandap