.

.
Select Menu

Favourite

POSKO SENKOM KLATEN BASEMENT JANU PUTRA PASARAYA KLATEN

PUSAT

SENKOM INFORMATION CENTER

SPACE IKLAN

POLDA

KLATEN

BERITA

SPONSOR

SPONSOR

TELEMATIKA

JAWA TENGAH

RESCUE

INFO

» » Senkom Ikuti Peringatan Bulan PRB 2014


SENKOM KLATEN 10/13/2014 01:07:00 PM 0

Negara Indonesia merupakan kawasan rawan bencana sebagai salah satu kosekuensi letak geografi dan kondisi geologi. Berdasarkan catatan sejarah, Indonesia telah mengalami beberapa bencana dengan skala sangat besar atau “Catastrophe” baik pada era sebelum Indonesia merdeka hingga saat ini. Salah satu bencana yang membuka paradigma Indonesia dan dunia adalah Tsunami pada tanggal 26 Desember 2004, termasuk gempa ketiga terbesar dalam sejarah kegempaan di dunia. Selain mengakibatkan banyak kerusakan dan korban, juga sebagai titik awal kebangkitan paradigma pengurangan risiko bencana di Indonesia.

Dalam paradigma baru untuk penanggulangan bencana, disadari bahwa kompleksitas dari strategi penanganan permasalahan bencana memerlukan suatu kerjasama dan dukungan semua pihak dalam penanggulangannya terutama dalam upaya mengembangkan budaya pengurangan risiko bencana, sehingga dapat dilaksanakan secara terarah dan terpadu. Untuk itu, Badan PBB mengusulkan hari untuk peringatan Pengurangan Bencana yang sudah dimulai sejak tahun 1989. Peringatan tersebut merupakan salah satu cara untuk mempromosikan budaya pengurangan risiko bencana, termasuk pencegahan bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan. Pada awalnya peringatan tersebut disepakati pada hari Rabu kedua bulan Oktober, namun sejak tahun 2010, diputuskan untuk menunjuk tanggal 13 Oktober sebagai tanggal untuk merayakan hari peringatan Pengurangan Risiko Bencana.

Di Indonesia pada dasarnya sudah banyak pelaku PRB yang ikut berpartisipasi dalam kampanye peringatan PRB tersebut termasuk pelaku dari pemerhati isu gender, kelompok disable, kelompok anak-anak, dan lain sebagainya. Namun tantangannya adalah masih belum diwadahi dalam suatu rangkaian bersama sehingga masih terlaksana secara sektoral dan terpisah. Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, Badan Nasional Penangguilangan Bencana (BNPB) dan Platform Nasional, akan menyelenggarakan pertemuan Forum PRB sekaligus penyelenggaran puncak peringatan bulan PRB pada bulan Oktober 2014.

Sesuai dengan semangat dalam pertemuan Global Platform, kegiatan pucak bulan PRB mengangkat tema Pengurangan Risiko Bencana Membangun Ketangguhan Daerah. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Bengkulu.

Adapun perkembangan kegiatan Pameran PRB Bengkulu : 1. Stan pameran Senkom dikunjungi 500 lebih pengunjung yang mampir. Termasuk Kepala BNPB, BPBD2, instansi pemerintah Bengkulu, masyarakat umum termasuk anak anak sekolah. 2. Presentasi dan dialog interaktif dengan materi Pengurangan Resiko Bencana berbasis Komunitas. Banyak pertanyaan yang penasaran karena Relawan Senkom benar benar relawan yang "takberbayar" Pengunjung tertarik dg sistem komunikasi Senkom yang sudah bisa serentak Nasional. Ada beberapa yang tertarik bergabung untuk menjadi Relawan Senkom. Bahkan sebuah organisasi kemanusiaan internasional OXFAM mengajak kerjasama dlm hal komunikasi diwilayah bencana. Berikut stand Senkom Rescue di Peringatan PRB Bengkulu 2014


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

monggo Kritik saran wonten form ngandap