.

.
Select Menu

Favourite

POSKO SENKOM KLATEN BASEMENT JANU PUTRA PASARAYA KLATEN

PUSAT

SENKOM INFORMATION CENTER

SPACE IKLAN

POLDA

KLATEN

BERITA

SPONSOR

SPONSOR

TELEMATIKA

JAWA TENGAH

RESCUE

INFO

» » Tingkatkan Kapasitas Mitra Kamtibmas Dirbinmas Polda Gelar Workshop


SENKOM KLATEN 3/12/2015 05:31:00 AM 0

Semarang -- Guna meningkatkan kapasitas kemampuan pemuda mitra Kamtibmas, jajaran Dirbinmas Polda Jawa Tengah mengadakan Workshop pelatihan Kader pemuda Mitra Kamtibmas pada hari rabu 11 Maret 2015 yang bertempat di Aula gedung BKK Jl. Supriyadi Semarang dengan tema "Kepedulian pemuda terhadap lingkungan dalam perannya mewujudkan Kamtibmas di Jawa Tengah".

Kegiatan Workshop ini diikuti oleh 168 peserta yang merupakan kiriman dari masing-masing Polres yang ada di Polda Jateng. Adapun Polres Klaten mengirimkan 4  peserta kader pemuda mitra Kamtibmas yang terdiri dari Senkom Mitra Polriw2 peserta yakni Rusgiyanto dan Suhartono, dan 2 peserta dari Mahasiswi Unwidha Klaten yakni Trianingsih dan Endang Sulestari.

Dalam sambutanya, Dir Binmas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Drs. M. Agus Sunaryo ketika membuka acara Workshop ini mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini adalah sebagai wujud kontribusi Polda Jateng dalam membina para kader pemuda mitra Kamtibmas agar memiliki jiwa kepemimpinan, matang dalam manajemen, mampu berwirausaha serta teguh dalam kemandirian. Hadir sebagai nara sumber adalah kepala Basarnas Jawa Tengah Agus Haryono, SE. MBA, Kepala badan lingkungan hidup Jawa Tengah Agus Sriyanto, dan Kanit II Subdit IV Dit reskrimsus Polda Jateng Kompol Allen Sirait, SH.

Materi yang disampaikan oleh Agus Haryono, SE. MBA selaku kepala Basarnas Jawa Tengah adalah bahwasanya tugas pokok Basarnas sesuai dengan UU No. 29 Tahun 2014 adalah hanya melakukan pencarian dan pertolongan pertama serta penyelamatan jiwa, Adapun selanjutnya diserahkan kepada instansi terkait. Namun dalam prakteknya di lapangan Basarnas tidak akan kaku seperti itu. Agus Haryono, SE. MBA juga menambahkan bahwa salah satu syarat/ UU Internasianal adalah bahwa suatu negara untuk manjadi anggota PBB adalah harus memiliki pelayanan SAR yang dikoordinir oleh Pemerintah. Sedangkan Anggota SAR Jawa tengah saat ini berjumlah 126 Personil yang artinya masih sangat minim untuk menangani kecelakaan maupun kebencanaan di Jateng yang wilayahnya sangat luas sehingga Basarnas berharap peran serta dari elemen Masyarakat termasuk didalamnya adalah para kader pemuda Mitra Kamtibmas.

Sedangkan Agus Sriyanto selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup Jawa Tengah menyampaikan materi berkaitan dengan Ekosistem Alam antara lain tentang kondisi sumber daya alam di Jawa Tengah, Permasalahan lingkungan di Jawa tengah, kebijakan pengelolaan lingkungan hidup, Program kegiatan urusan wajib lingkungan hidup, upaya pengelolaan lingkungan hidup di Jawa Tengah, dan upaya perbaikan alam serta tentang hak, kewajiban dan pentingnya peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan UU No. 32 Tahun 2009.

Sebagai nara sumber yang terakhir Kompol Allen Sirait, SH selaku Kanit II Subdit IV Dit Reskrimsus Polda Jateng memaparkan tentang ketentuan umum meliputi Pertambangan, Penambangan, Pengolahan dan Pemurnian, Pengangkutan, penjualan, reklamasi, wilayah pertambangan, dan wilayah penambangan rakyat. Kompol Allen Sirait, SH juga menjelaskan tentang Usaha pertambangan, izin usaha pertambangan, serta tentang ketentuan pidana pertambangan.

Pada acara penutupanya Dir Binmas Polda Jateng Kombes pol Drs. M. Agus Sunaryo mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua peserta Workshop dan beliau mengharapkan kepada semua peserta pelatihan kader pemuda mitra kamtibmas bisa menyampaikan hasil Workshop kepada para pemuda dan juga warga masyarakat dimana saja peserta bertempat tinggal. ("Rus)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

monggo Kritik saran wonten form ngandap