.

.
Select Menu

Favourite

POSKO SENKOM KLATEN BASEMENT JANU PUTRA PASARAYA KLATEN

PUSAT

SENKOM INFORMATION CENTER

SPACE IKLAN

POLDA

KLATEN

BERITA

SPONSOR

SPONSOR

TELEMATIKA

JAWA TENGAH

RESCUE

INFO

» » Talut jembatan ambrol rusak 1 rumah di Polan Harjo


SENKOM KLATEN 6/27/2014 05:11:00 PM 0

Klaten --  Talut jembatan diatas sungai Pusur perbatasan desa Ponggok dan Karanglo ,Polanharjo Klaten, ambrol. Akibatnya, jembatan nyaris putus dan satu rumah milik warga rusak . Warga di dua desa Ponggok dan Karanglo, Kecamatan Polanharjo terpaksa harus memutar arah saat bepergian. Karena jembatan yang menghubungkan dua desa ini putus dan tidak dapat dilalui kendaraan mobil maupun sepeda motor.

Putusnya jembatan yang membentang di atas Sungai Pusur ini terjadi pada Senin dinihari dan dilaporkan kamis siang kemarin. Menurut keterangan warga, sekitar pukul 01.00 warga yang rumahnya paling dekat dengan jembatan mendengar suara brak, seperti ada benda berat yang jatuh. Seketika warga mengecek badan jembatan yang ternyata memang sudah retak pada badan jembatan di bagian utara.

Tidak hanya itu, retakan pada badan jembatan terus terjadi hingga pondasi jembatan baik di sisi kiri dan kanan. Akibatnya rumah Jono Suwiryo,70, ikut terkena dampak dari longsornya pondasi jembatan. Bagian dapur rumah yang sudah permanen ini ikut longsor ke sungai sehingga atap dapur menjadi roboh. Retakan tembok rumah Suwiryo juga mengarah ke tembok bagian depan. Akibatnya dua keluarga yang menempati rumah tersebut terpaksa mengungsi ke tempat saudara yang terdekat. Ambrolnya pondasi jembatan juga menyebabkan munculnya gorong-gorong di sisi utara jembatan. Kondisi ini jika tetap dilalui kendaraan akan sangat membahayakan, sehingga warga terpaksa menutup akses jembatan pada ujung jalan menuju jembatan.

Warga lain Mujiman,85, menambahkan, jembatan yang memiliki panjang sekitar 25 meter dibangun sekitar tahun 1990 an. Pembangunan dilakukan dengan swadaya masyarakat. Pembangunan jembatan dilakukan karena daerah sekitar sudah banyak dihuni penduduk.

Kepala BPBD Klaten, Sri Winoto, mengatakan BPBD Klaten telah mengecek kondisi jembatan tersebut. Pihaknya sedang berkoordinasi dengan DPU Klaten untuk mengatasi rusaknya jembatan tersebut. Pihak BPBD menyarankan jembatan untuk ditutup dulu untuk  penyebrangan.BPBD juga akan membantu pemilik rumah yang rusak akibat talut yang ambruk.

sumber : BPBD Klaten

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

monggo Kritik saran wonten form ngandap